Wednesday, July 27, 2016

Pengertian Aqidah Menurut Pandangan Agama Islam

a. Secara etimilogi (bahasa) aqidah berarti :

  1. Simpul atau ikatan  
  2. Sumpah atau perjanjian
  3. Kehendak yang kuat

b. Secara terminologi ( istilah )

  1. Aqidah adalah hal-hal yang diyakini kebenarannya oleh jiwa, mendatangkan ketengan hati, menjadi keyakinan yang kokoh yang tidak bercampur sedikitpun dengan keragu-raguan.
  2. Aqidah adalah sejumlah persoalan (kebenaran) yag dapat diterima secara umum (aksional) oleh manusia berdarkan akal, wahyu dan fitrah. 

c. Sumber aqidah islam


Suber aqidah islam adalah Al-Quran dan as-sunnah. apa saja yang disampaikan Allah SWT. dalam Al-Quran dan Rasulullah SAW. dalam sunnah wajib diimani (diyakini dan diamatkan). dalam hadits : Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Jika kalian berpegang teguh dengan keduanya kalian tidak akan sesat selamanya, yaitu Kitabullah dan sunnah Rasul-Nya.
akal fikiran tidaklah menjadi sumber aqidah, tetapi hanya berfungsi memahami nash-nash yang terdapat dalam kedua sumber tersebut dan mencoba membuktikan secara ilmiah kebenaran yang disampaikan oleh al-quran dan sunnah, itupun harus didasari oleh kesadaran bahwa kemampuan akal sangat terbatas, sesui dengan terbatas semua kemampuan mahluk Allah. akal tidak akan mampu menjangkau masalah-masalah ghaib, bahkan tidak akan mampu menjangkau sesuatu yang tidak terikat dengan ruang dan waktu.

d. Urgensi aqidah islam

  • Membebaskan manusia dari tunduk dan penghambaan kepada selain Allah

Seseorang yang beraqidah Islam hanya menyembah dan tunduk kepada Allah, SWT. dan menjauhi segala bentuk ketundukan dan penghambaan kepada selain Allah. karena yang berhak disembah dan diberi ketundukan mutlak hanyalah Allah SWT.

  • Membangkitkan jiwa berani dan cinta kebenaran

Aqidah islam akan melahirkan manusia-manusia pemberani dan cinta membela kebenaran. krena islam mengajarkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini sudah Allah tentukan dan sudah Allah takdirkan. tidak ada kematian keculai atas izin Allah. Allah berfirman :
" Sesuatu yang bertanya tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya" (QS Ali Imran : 145).

  • Aqidah sumber ketentraman jiwa dan keamanan manusia

Aqidah islam akan menusia-manusia yang memiliki ketentraman jiwa dan sekaligus mendatangkan rasa aman pada manusia baik di dunia maupun di akhirat. Allah berfirman (Q.S al-An'am:82)
Artinya ; "orang-orang yang beriman dan tidak mencampur adukan iman mereka dengan kezaliman (syirik) mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk".

  • Aqidah membangun kepribadian yang seimbang

Pribadi yang seimbang diawalai dengan keyakinan akan keesaan Tuhannya ( Allah SWT) berbeda dengan orang-orang yang meyakini tuhan mereka lebih dari satu maka orang itu akan mengalami keraguan dan kebimbangan. Dan inilah yang diungkapkan oleh Nabi Yusuf yang diabadikan dalam Al-Qur'an (Q.S Yusuf : 39)  
artinya : " Hai kedua penghuni penjara, manakah yang baik Tuhan-tuhan yang bermacam itu ataukah Allah Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa?"

  • Aqidah adalah dasar persaudaraan, persamaan dan keadilan

Aqidah islam adalah asa persaudaraan, kesetaraan dan keadilan, karena Islam memandang seluruh manusia adalah keturunan Adam a.s berarti seluruh manusia adalah saudara.

Allah berfirman (Q.S an-Nisaa' : 1)

Artinya " hai sekalian manusia, bertkwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan istrinya, dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakan laki-laki dan prempuan yang banyak, dan bertakwa kepada allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (pelihara) hubungan silaturrahim, Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

No comments:

Post a Comment