SILABUS PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas
/ Semester : XII/ II
Alokasi
Waktu : 8 × 45 Menit
Standar
Kompetensi : 4. Memahami Teori Evolusi
Serta Implikasinya Pada Salingtemas
Kompetensi Dasar
|
Kompetensi Sebagai
Hasil Belajar
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
4.1 Menjelaskan teori,
prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
4.2 Mengkomunikaskan hasil studi
evolusi biologi
4.3 Menjelaskan
kecenderungan baru tentang teori evolusi
|
· Menemukan adanya gejala
keanekaragaman
· Menyusun hipotesis asal
terbentuknya keanekaragaman hayati
· Menggambar skema teori evolusi
Darwin
· Menghubungkan penemuan hukum
hereditas, substansi genetika dan mutasi dengan teori evolusi Darwin
· Menjelaskan mekanisme seleksi
alam dengan menggunakan kasus Beston betularia
· Menjelaskan berbagai bukti
evolusi
· Membuat skema percobaan untuk
membuktikan evolusi biologi dan kimia
· Mengumpulkan informasi dari
berbagai pandangan baru tentang teori evolusi
|
Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan
Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan
Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan
hasil
Percaya diri
Berorientasi tugas dan
hasil
Percaya diri
Berorientasi tugas dan
hasil
|
· Hipotesis asal-usul kehidupan
· Teori evolusi Darwin
· Bukti-bukti yang mendukung
evolusi Darwin
· Teori evolusi biologi dan
kimia
· Hukum Hardi-Weinberg
· Mutasi DNA dan dampaknya
· Teori evolusi netral
· Beberapa pandangan baru
tentang teori evolusi
|
· Membaca buku untuk
menyusun peta konsep
· Diskusi teori
keanekaragaman makhluk hidup
· Diskusi
pertentangan teori Abiogenesis dan Biogenesis
· Diskusi memahami
teori evolusi
· Diskusi percobaan
Harold Urey
· Diskusi hukum Hardy-Weinberg
· Menonton VCD
tentang evolusi
· Diskusi pengaruh
mutasi pada mekanisme seleksi alam
· Diskusi teori
evolusi, netral
|
· Mendeskripsikan
berbagai pemikiran tentang asal-usul kehidupan
· Mendeskrisikan
teori evolusi menurut Darwin
· Menujukkan
bukti-bukti evolusi
· Mendeskripsikan
eksperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
· Menerapkan hukum
Hardy-Weinberg
· Mendeskripsikan
peranan mutasi bagi proses evolusi
· Menjelaskan teori
evolusi netral
|
· Jenis
tagihan:
1.Uji kompetensi
· Bentuk
instrumen:
1.Soal uji kompetensi tertulis
· Jenis
tagihan:
1.Uji kompetensi
· Bentuk
instrumen:
1.Soal uji kompetensi tertulis
· Jenis tagihan
Uji Kompetensi
· Bentuk instrumen
Soal tes tertulis
|
2 X 45 menit
4 X 45 menit
2 X 45 menit
|
· Buku Biologi kelas XII, Dyah
aryulina, Esis
· Buku
kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis
· Buku Biologi kelas XII, Dyah
aryulina, Esis
· Buku
kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis
· VCD tentang evoluis
· Buku Biologi kelas XII, Dyah
aryulina, Esis
· Buku
kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelaran
NIP. 19610910198103 2 004
SILABUS KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Tingkat Satuan
Pendidikan :
Mata Pelajaran
: Biologi
Kelas /
Semester
: XII/ II
Alokasi
Waktu
: 8 × 45 Menit
Standar Kompetensi
: 5. Memahami Prinsip-Prinsip Dasar Berteknologi Serta Implikasinya Pada
Salingtemas
Kompetensi Dasar
|
Kompetensi Sebagai Hasil Belajar
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
5.1 Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis
bioteknologi
5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi
serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada salingtemas
|
· Mengumpulkan berbagai informasi produk dan proses
bioteknologi tradisional
· Menjelaskan proses rekayasa genetika dalam
bioteknologi
· Mengumpulkan berbagai metode bioteknologi modern dan
produknya
· Menganalisis berbagai produk bioteknologi dan
dampaknya
|
Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan
Jujur
Kerja keras
Toleransi
Rasa ingin tahu
Komunikatif
Menghargai prestasi
Tanggung Jawab
Peduli lingkungan
|
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
Percaya diri
Berorientasi tugas dan hasil
|
· Pengertian bioteknologi
· Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern
· Rekayasa genetika
· Tanaman transgenik dan dampaknya
|
· Diskusi pengertian bioteknologi tradisional dan modern
· Diskusi penerapan rekayasa genetika pada bioteknologi
· Melakukan kegiatan membuat yogurt dan ekstroksi DNA
· Diskusi Salingtemas
· Membuat kliping
|
· Menjelaskan pengertian bioteknologi
· Membedakan bioteknologi tradisional
dan modern
· Menjelaskan prinsip rekayasa
genetika dan hasilnya
· Membuat produk bioteknologi
tradisional
· Mengekstraksi DNA
· Mengumpulkan informasi berbagai produk
rekayasa genetika dan dampaknya
· Membuat imajinasi tentang rekayasa
genetika
|
· Jenis tagihan:
1. Laporan hasil kegiatan
2. Uji Kompetensi
· Bentuk instrumen:
1. Lembar penilaian
laporan
2. Soal uji
kompetensi tertulis
· Jenis tagihan
1.Tugas fiksi ilmiah
2.Laporan diskusi salingtemas
· Bentuk instrumen:
1. Lembar penilaian makalah
|
6 X 45 menit
2 X 45 menit
|
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja
siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku kerja
siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelaran
NIP. 19610910198103 2 004
No comments:
Post a Comment