RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SD N 1 Oengkolaki
Mata
Pelajaran : IPA (Fisika)
Kelas/Semester : Genap (II)
Materi Pokok : Gerak Lurus
Alokasi
Waktu : 1 Pertemuan (2 JP)
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
1.2 Menganalisis
data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturanserta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
1.
Menemukan persamaan
laju yang ditempuh
2.
Menunjukkan Konsep GLB
dalam kehidupan sehari-hari
3.
Mendefinisikan
percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu
4.
Menyelidiki GLBB
dipercepat beraturan
5.
Menunjukkan konsep GLBB
dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi
Waktu : 60 menit ( 1 x pertemuan )
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu menemukan
persamaan laju yang ditempuh
2.
Siswa mampu m
enunjukkan Konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari
3.
Siswa mampu
mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiapsatuan waktu
4.
Siswa mampu memahami
GLBB dipercepat beraturan
5.
Siswa mampu menunjukkan
konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari
B. Materi
Pembelajaran : Gerak Lurus
C. Metode
Pembelajaran
1.
Model pembelajaran :
Constructivisme
2.
Metode pembelajaran :
Cooperative Learning and Direct Instruction
3.
Media : Slide
Powerpoint.
D. Langkah
– langkah kegiatan
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru mengajukan
pertanyaan, “Berapakah jarak rumahmu ke sekolah?”.
2)
Siswa diharapkan
menjawab, “10 km (sesuai dengan siswa yang ditunjuk)!”.
3)
Guru melanjutkan
pertanyaannya, “Berapa waktu yang diperlukan dari rumah ke sekolah?”.
4)
Siswa diharapkan
menjawab, “30 menit (sesuai dengan siswa yang ditunjuk)!”
5)
Guru bertanya lagi,
“Berapa jarak tempumu jika 1 jam?”
6)
Siswa diharapkan
menjawab, “20 km”.
b.
Kegiatan inti (40 menit)
1)
Guru menjelaskan /
mempresentasikan Materi
2)
Siswa menanggapi dan
menanyakan penjelasan tentang materi tesebut
c.
Kegiatan penutup (10 menit)
1)
Guru bertanya kepada
siswa, “Apa kesimpulan dari materi pengenalan alat ukur yang kita pelajari hari
ini?”.
2)
Siswa diharapkan
menjawab, “untuk mengukur besaran tertentu digunakan alat ukur yang berbeda.
Misalnya untuk mengukur massa menggunakan alat ukur neraca. Untuk mengukur
waktu digunakan alat ukur stopwatch atau arloji. Untuk mengukur panjang
digunakan alat ukur mistar.”
E.
Sumber belajar
1.
Buku siswa LKS IPA .
F.
Penilaian
1. Teknik
penilaian
a.
Tes tertulis
2.
Bentuk instrumen
a.
Tes pilihan ganda
b.
Tes uraian
c.
Tes uji petik kerja
3.
Contoh instrumen
a. Rubrik
penilaian pemahaman konsep
4.
Tes pilihan ganda
Alat yang tepat untuk mengukur
ketebalan kertas adalah …
a.
Mistar
b.
Neraca
c.
Jangka sorong
d.
Micrometer skrup
5.
Tes uraian
Bagaimana
cara mengukur volume benda yang tidak beraturan?
a. Rubrik penilaian kinerja ilmiah
No.
|
Aspek
|
Skor
|
Alat
Ukur
|
||||
JS
|
MS
|
NO
|
SW
|
GU
|
|||
1.
|
Menggunakan alat ukur
|
3
|
|||||
2.
|
Membaca skala alat ukur
|
3
|
|||||
3.
|
Hasil pengukuran
|
3
|
|||||
4.
|
Keaktifan dalam kelompok
|
1
|
|||||
5.
|
Nilai kerja ilmiah
|
10
|
Keterangan : JS = JANGKA
SORONG
MS = Micrometer
skrup
NO = Neraca
Ohous
SW = Stopwatch
GU = Gelas
Ukur
Baubau,
06 Juni 2016
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
___________________ ___________________
No comments:
Post a Comment